Pengembangan Lembar Aktivitas Mahasiswa Topik Turunan Berdasarkan Teori APOS

Main Authors: Lestarianingsih, Yunika, Darmawijoyo, Darmawijoyo, Hartono, Yusuf
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta , 2015
Subjects:
Online Access: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/7231
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/7231/6230
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan Lembar Aktivitas Mahasiswa topik Turunan berdasarkan teori APOS yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap pemahaman konsep matematika mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode design research tipe development study. Tahap development (pengembangan), yaitu preliminary dan formative evaluation (self evaluation, expert review, one-to-one, small group, dan field test). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Kelas 1C Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang semester ganjil tahun akademik 2014/2015 sebanyak 38 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui walkthrough (expert reviews), dokumentasi, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa Lembar Aktivitas Mahasiswa yang dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.Kata kunci: turunan, teori APOS, development study