Implementasi Model Pembelajaran Berbasis TIK untuk Mengembangkan Model Mental Mahasiswa Calon Guru Kimia pada Konsep Gaya Antar Partikel
Main Authors: | Wiji, Wiji, Liliasari, Liliasari, Mulyani, Sri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/7165 https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/7165/6180 |
Daftar Isi:
- Penelitian implementasi model pembelajaran ini bertujuan untuk meningkatkan model mental mahasiswa calon guru kimia pada konsep gaya antar partikel, khususnya dalam mempertautkan representasi makroskopik, submikroskopik, dan simbolik. Metode yang digunakan meliputi kuasi eksperimen control group pre-posttest design. Dalam kelas eksperimen, perkuliahan dilakukan melalui model pembelajaran berbasis TIK sedangkan dalam kelas kontrol menggunakan media powerpoint transparancy. Hasil penelitian menunjukkan kelas eksperimen memiliki keunggulan dalam menjelaskan berbagai fenomena berdasarkan perbedaan kekuatan gaya antar partikel. Fenomena yang dapat dijelaskan meliputi: proses pelarutan, titik leleh, titik didih, viskositas, dan tegangan permukaan.Kata kunci: model pembelajaran berbasis TIK, model mental, mahasiswa calon guru kimia, gaya antar partikel