Desain Aturan Sinus dan Aturan Cosinus Berbasis PMRI

Main Authors: Yenni, Rika Firma, Hartono, Yusuf, Putri, Ratu Ilma Indra
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta , 2014
Subjects:
Online Access: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/7160
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/7160/6175
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas, prosedur, dan strategi serta perubahan dari Hypothetical Learning Trajectory (HLT) ke Learning Trajectory (LT) dalam merumuskan aturan sinus dan cosinus melalui pembelajaran dengan pendekatan PMRI (Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia). Subjek penelitian ini adalah 38 siswa kelas X1 SMAN 6 Prabumulih. Penelitian ini terdiri atas tiga tahap, yaitu preliminary design, design experiment (pilot experiment dan teaching experiment), dan retrospective analysis. Data dikumpulkan melalui observasi kegiatan pembelajaran, wawancara, rekaman video, dan foto. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menggunakan segitiga sebagai starting point dalam merumuskan aturan sinus dan cosinus melalui PMRI. Perubahan dari Hypothetical Learning Trajectory (HLT) ke Learning Trajectory (LT) terjadi melalui aktivitas siswa dalam mengeksplorasi segitiga dalam pembelajaran dengan pendekatan PMRI.Kata kunci: aturan sinus dan aturan cosinus, segitiga, design research, PMRI