Penerapan Praktikum Kimia Terintegrasi Sebagai Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Main Authors: Sari, Lis Permana, Purtadi, Sukisman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Yogyakarta State University , 2012
Online Access: http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/698
http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/698/593
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan praktikum kimia terintegrasi sebagai model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dikenai tindakan praktikum terintegrasi sebagai model pembelajaran berbasis masalah (PTMPBL) dalam tiga siklus. Keterlaksanaan PTMPBL ditinjau dari peningkatan aspek keterampilan kooperatif, keterampilan investigasi, sikap ilmiah mahasiswa, dan apresiasi mahasiswa terhadap pelaksanaan PTMPBL. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, angket, dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktikum terintegrasi yang dilaksanakan dalam bentuk PTMPBL terbimbing efektif untuk diterapkan di dalam mata kuliah praktikum Kimia Dasar I. Apresiasi mahasiswa terhadap pelaksanakan PTMPBL sangat bagus.Kata kunci: praktikum kimia terintegrasi, pembelajaran berbasis masalah