Pengaruh Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) Berbantuan Lembar Kerja Peserta Didik Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis
Main Authors: | Yana, Novi, Masykur, Rubhan, Ganda Putra, Fredi |
---|---|
Other Authors: | Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/21444 https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/21444/pdf https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/downloadSuppFile/21444/4210 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Process oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan lembar kerja peserta didik yang terintegrasi nilai-nilai KeIslaman terhadap kemampuan komunikasi matematis. Populasi penelitian kuasi eksperimen dengan posttest-only control design adalah 116 peserta didik kelas VII MTs Al-Hikmah Bandar Lampung tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Analisis data yang digunakan adalah uji anava satu jalan dengan sel sama. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang mendapatkan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) berbantuan lembar kerja peserta didik yang terintegrasi pada nilai-nilai KeIslaman daripada peserta didik yang memperoleh model pembelajaran konvensional.