Penerapan Pendekatan Pembelajaran Sistemik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Kuliah Kimia Dasar I

Main Authors: Suyanta, Suyanta, Marfuatun, Marfuatun, LFX, Endang Widjajanti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta , 2013
Subjects:
Online Access: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/12478
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/12478/8862
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini adalah mengetahui langkah-langkah penerapan pendekatan pembelajaran sistemik pada kuliah Kimia Dasar I dan mengetahui ada tidaknya peningkatan pemahaman konsep maha-siswa pada Kuliah Kimia Dasar I setelah menggunakan pendekatan pembelajaran sistemik. Penelitian ini di desain sebagai penelitian tindakan kelas yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Kimia yang mengikuti mata kuliah Kimia Dasar I. Obyek penelitian adalah pemahaman konsep mahasiswa. Penerapan pendekatan pembelajaran sistemik dilakukan dengan diskusi dan pemberian tugas. Mahasiswa diminta untuk membu-at diagram siklis yang menunjukkan keterkaitan antar materi kimia. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan kemampuan berpikir komprehensif mahasiswa, dengan skor kemampuan konsep kimia mahasiswa pada siklus I sebesar 31,48 dan siklus II sebesar 35,48, dengan skor maksimal 50.Kata kunci: pendekatan sistemik, diagram siklis, kemampuan konsep kimia