Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Outbond Guna Pencapaian Kompetensi Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan pada Peserta Didik SMA

Main Authors: Dwisiwi SR, Rahayu, Wiyatmo, Yusman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Yogyakarta , 2015
Subjects:
Online Access: https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/10938
https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/10938/8197
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis kegiatan outbond untuk pencapaian kompetensi sesuai tuntutan Kurikulum 2013. Selain itu, untuk mengetahui kualitas perangkat pembelajaran hasil pengembangan serta mengetahui peningkatan penguasaan materi gerak melingkar, capaian sikap kerjasama, motivasi berprestasi, dan keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan 4D Models. Pada tahap Define, merencanakan perangkat pembelajaran gerak melingkar dengan kegiatan outbond. Pada tahap Design, merancang produk perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKPD. Pada tahap Develop, validasi draft produk oleh validator ahli − revisi, uji coba pembelajaran 1 − revisi, dan uji coba pembelajaran 2 − revisi. Pada tahap Desiminate, penyebarluasan perangkat pembelajaran hasil pengembangan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIPA2 MAN Yogyakarta II. Instrumen penelitian berupa tes, angket, dan lembar observasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan penguasaan materi gerak melingkar peserta didik dalam kategori sedang. Capaian dengan kriteria sangat baik, baik, dan cukup baik pada aspek kerjasama (56%, 33%, dan 11%), motivasi berprestasi (22%, 59%, dan 19%), dan kreativitas (33%, 52%, dan 15%) dari keseluruhan peserta didik.Kata kunci: perangkat pembelajaran, outbond, mata pelajaran fisika SMA