UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS IPS MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS IV DI SD BUNDER II BANARAN GALUR KULON PROGO TAHUN 2016/2017
Main Authors: | Lestari, Yuni; PGSD FKIP UPY, Purwanti, Rosalia Susila; PGSD FKIP UPY |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Prodi PGSD FKIP UPY
, 2017
|
Online Access: |
http://upy.ac.id/ojs/index.php/JPGSDI/article/view/619 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kemampuan berfikir kritis IPS pada siswa kelas IV SD Bunder II Banaran pada mata pelajaran IPS materi pokok kenampakan alam dengan model pembelajaran Problem Based Learning.Penelitian ini dilakukan di SD Bunder II Banaran Galur Kulon Progo pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi, dan kolaboratif antara guru dan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Bunder II Banaran semester gasal tahun ajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Tes, Angket, dan Dokumen. Teknik analisis data yang digunakan pada kegiatan observasi dari prasiklus dan siklus dianalisis secara deskripsi dengan menggunakan terknik ketuntasan dan rata-rata persentase.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Model Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD Bunder II Banaran Galur Kulon Progo dapat meningkatkan : (1) Keaktifan siswa pada setiap siklus, dari nilai rata-rata keaktifan siklus I 66,56% menjadi 83,68% pada siklus II. (2) peningkatan berfikir kritis siswa, dari nilai persentase siklus I 64,33% menjadi 94,44% pada siklus II.Kata kunci : Keaktifan dan Berfikir Kritis IPS dan Model Problem Based LearningABSTRACTThis research aimed to enhance the activeness and the ability to think critically on science of fourth grade students at Bunder II Elementary school Banaran natural features used Problem Based Learning model. This research was carried out at Bunder II Elementary school Banaran Kulon Progo Academic Year 2016/2017. The research was the classroom action research steps: with the stepsof planning, implementation, observation, reflection, and collaboratively between teachers and researcher. The subjects were IV class students. Data collection techniques used observation, test, question form, and documents. Data analysis techniques used in the observation of pre cycle and the cycle were analyzed descriptively by using the completeness and the average percentage. The research concluded that Problem Based Learning Model of fourth grade can increase : ( 1 ) The active ness of students in each cycle, the score of the average activity of the first cycle of 66.56 % to 83.68 % in the second cycle . ( 2 ) Improvement of student critical thinking , from the average score of the first cycle of 64.33 % to 94.44 % in the second cycle.Keywords : Motivation and Social Critical Thinking and Problem Based Learning Model