PENGARUH KEBIASAAN MEMBACA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS IV SD SE- GUGUS 3 KECAMATAN SANDEN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Authors: Novia Huda, Rizky Fauzi; PGSD FKIP UPY, Sunarti, Sunarti; PGSD FKIP UPY
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas PGRI Yogyakarta , 2017
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/JPGSDI/article/view/615
Daftar Isi:
  • ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan membaca terhadap kemampuan menulis siswa kelas IV SD Se-Gugus 3 kecamatan Sanden Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Dalam penelitian ini juga akan diteliti ada tidaknya perbedaan kebiasaan membaca dan kemampuan menulis antara siswa laki-laki dan perempuanPenelitian ini dilaksanakan di SD Se-Gugus 3 kecamatan Sanden Bantul. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni-Juli 2016. Penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah populasi 155 siswa dengan terlebih dahulu diambil 30 siswa untuk uji coba sehingga tersisa 125 siswa yang akan diteliti. Pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Uji coba instrumen meliputi uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan regresei sederhana. Ada tidaknya perbedaan kebiasaan membaca dan kemampuan menulis antara siswa laki-laki dan perempuan diteliti menggunakan teknik analisis Independent Sample T- test.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut kebiasaan membaca memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 7,984 dan t tabel sebesar 1,65734 yang berarti t hitung>t tabel atau 7,984>1,65734, dan diperkuat dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Jadi dapat dijelaskan bahwa semakin tinggi kebiasaan membaca, maka kemampuan menulis akan semakin baik. Tidak ada perbedaan kebiasaan membaca dan kemampuan menulis antara siswa laki-laki dan perempuan. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis yaitu Sig.(2tailed)>0,05, sehingga 0,309>0,05 dan 0,698>0,05. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa dengan semakin tingginya kebiasaan membaca akan meningkatkan kemampuan menulis siswa. Tidak ada perbedaan kebiasaan membaca dan kemampuan menulis antara siswa laki-laki dan perempuan.Kata kunci: kebiasaan membaca, kemampuan menulisABSTRACTThis research aims to determine the effect of the reading habits of the students' to writing ability of fourth grade students at Sanden 3 Elementary school Bantul Yogyakarta Academic Year 2015/2016. In this research also will be investigated whether there any difference in the reading habit and writing skills between boys and girls.This research was conducted at Sanden 3 Elementary school Bantul districts. This research was conducted in June-July 2016. This were research was a survey research with a quantitative approach with populations of 155 students with 30 students who were taken as trial test so the remaining 125 students who will be investigated. Data collection technique used tests and questionnaires. The trial included validity test instruments used the product moment correlation and reliability testing used Cronbach alpha. Data were analyzed used simple regresion. Whether there is any difference in the reading habit and writing skills between boys and girls studied used analyzed techniques Independent Sample T-test.Based on the research results, it can be summarized that the reading habits had a positive and significant impact on the writing ability, this was evidenced by the t value of 7.984 and t table amounted to 1.65734, it means t value > t table or 7.984 > 1.65734, and the strengthened with a significance score of 0.000 which was less than 0.05 (0.000 <0.05). So it can be explained that the higher the reading habits, the writing ability was better. There is no difference in the reading habit and writing skills between boys and girls. This is evidenced by the results of analyzed, Sig. (2tailed)> 0.05, so the 0.309> 0.05 and 0.698> 0.05. The implication of this research was by increasing the reading habit will improve the students' writing. There is no difference in the reading habit and writing skills between boys and girlsKeywords: The Reading Habit , Writing Skills