PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK KANCING GEMERINCING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI TANJUNGHARJO NANGGULAN KULON PROGO
Main Author: | Ardiana, Vivin |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas PGRI Yogyakarta
, 2016
|
Online Access: |
http://upy.ac.id/ojs/index.php/JPGSDI/article/view/374 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Tanjungharjo Nanggulan Kulon Progo Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober-Desember 2015 dengan subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Tanjungharjo sebanyak 12 siswa. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan Rata-rata dan Persentase ketuntasan. Indikator keberhasilan penelitian adalah 80% apabila siswa sudah mencapai nilai KKM yaitu 64. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif teknik Kancing Gemerincing dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Tanjungharjo Nanggulan Kulon Progo. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas pada pra siklus yaitu 59,17 dengan persentase ketuntasan 41,67% sebanyak 5 siswa. Pada siklus I nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 69,7 dan persentase ketuntasan pada siklus I 66,67% sebanyak 7 siswa, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas meningkat menjadi 85,2 dengan persentase ketuntasan 100% sebanyak 12 siswa. Jadi model pembelajaraan kooperatif teknik kancing gemerincing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Tanjungharjo Nanggulan Kulon Progo. Kata Kunci: Prestasi Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing