UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) PADA SISWA KELAS V SD 1 PEDES SEDAYU BANTUL

Main Author: Lestari, Sri
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas PGRI Yogyakarta , 2016
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/JPGSDI/article/view/371
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA) pada siswa kelas V SD 1 Pedes. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 1 Pedes Sedayu Bantul yang berjumlah 28 siswa dengan siswa laki-laki sebanyak 17 siswa dan perempuan sebanyak 11 siswa. Obyek penelitian ini adalah strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Indikator keberhasilan penelitian ini adalah 70% siswa sudah mencapai nilai KKM sebesar ≥ 75.Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada siswa setelah dilaksanakannya pembelajaran melalui penerapan strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Diketahui bahwa nilai pra siklus diperoleh persentase ketuntasan 32,14% dengan nilai rata-rata siswa 68,53. Siklus I persentase ketuntasan 42,46% dengan nilai rata-rata siswa 70 dan siklus II persentase ketuntasan mencapai 82,14 % dengan nilai rata-rata siswa 80,26. Kata kunci : Membaca Pemahaman, Strategi Directed Reading Thinking Activity (DRTA), Kels V SD.