UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DENGAN MULTIMEDIA PADA SISWA KELAS V SD N BRAJAN, KASIHAN, BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016
Main Author: | Zauharoh, Arum Ma'rifah |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas PGRI Yogyakarta
, 2016
|
Online Access: |
http://upy.ac.id/ojs/index.php/JPGSDI/article/view/363 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran student facilitator and explaining dengan multimedia pada siswa kelas V SD Negeri Brajan, Kasihan, Bantul tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan langkah-langkah yang terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan (tindakan), observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah student faciltator and explaining dengan multmedia. Analisis data menggunakan ratarata hitung dan persentasi ketuntasan minimal. Berdasarkan analisis data penelitian, kreativitas belajar yang diperoleh siswa pada siklus I skor rata-rata kreativitas belajar siswa yang diperoleh 23,83 kemudian meningkat 20,31% pada siklus II menjadi 28,67. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 6 siswa dengan persentase ketuntasan 25% setelah dilaksanakan siklus II, jumlah siswa yang tuntas menjadi 18 siswa dengan persentase ketuntasan 75%. Prestasi belajar siswa pada saat prasiklus nilai rata-rata yang diperoleh 67,45 persentase ketuntasan sebanyak 37,5%, kemudian setelah melaksanakan tindakan pada siklus I meningkat 3,48% diperoleh hasil nilai rata-rata siswa menjadi 69,80 dengan peresentase ketuntasan sebanyak 54,16%. Pada siklus II mengalami peningkatan 24,16% nilai rata-rata kelas menjadi 83,75 dengan persentase ketuntasan mencapai 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran student facilitator and explaining dengan multimedia dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPS. Kata kunci: Kreativitas Belajar IPS, Prestasi Belajar IPS, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pembelajaran dengan Multimedia, Student Facilitator and Explaining