UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT TEGAK BERSAMBUNG PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA SISWA KELAS II SDN UMBULHARJO TAHUN AJARAN 2015/2016

Main Author: Juwita, Fitri
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas PGRI Yogyakarta , 2016
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/JPGSDI/article/view/329
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan menulis kalimat tegak bersambung dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas II SDN Umbulharjo Cangkringan tahun ajaran 2015/ 2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Umbulharjo Cangkringan Sleman tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 15 siswa terdiri atas 10 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus.Data hasil penelitian diperoleh dari hasil observasi kegiatan guru dan siswa serta tes hasil evaluasi belajar siswa. Data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif dengan menghitung rata-rata dan persentase ketuntasan siswa. Hasil penelitian tindakan kelas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan metode drill diperoleh nilai rata-rata evaluasi belajar siswa meningkat dari 69 pada pra siklus menjadi 72,3 pada siklus 1 dan 77,3 pada siklus II. Ketuntasan evaluasi belajar siswa meningkat 33% pada pra siklus menjadi 53% pada siklus 1 dan 80% pada siklus II. Aktivitas menulis mengalami peningkatan dari 74% pada siklus 1 menjadi 95% pada siklus II. Hal tersebut membuktikan bahwa metode drill ini dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat tegak bersambung pada siswa kelas II SDN Umbulharjo Cangkringan Sleman tahun ajaran 2015/2016. Kata kunci: kemampuan menulis, kalimat tegak bersambung, metode pembelajaran driil