PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS MICROSOFT OFFICE POWER POINT INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI NGRUKEMAN KASIHAN BANTUL
Main Author: | Nurlatifah, Anissyafa'at |
---|---|
Format: | Article application/pdf eJournal |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas PGRI Yogyakarta
, 2016
|
Online Access: |
http://upy.ac.id/ojs/index.php/JPGSDI/article/view/299 |
Daftar Isi:
- AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengembangkan media pembelajaran IPA menggunakan Microsoft PowerPoint Interaktif di SD Negeri Ngrukeman Kasihan Bantul, 2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint Interaktif sebagai media pembelajaran IPA di SD Negeri Ngrukeman Kasihan Bantul dan pengaruhnya terhadap prestasi belajar siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint Interaktif dinyatakan layak berdasarkan hasil pengujian para ahli dan pendapat siswa. Persentase kelayakan materi yang dilakukan oleh dosen ahli materi adalah 68%, dapat diartikan bahwa materi ilmu pengetahuan alam dalam kategori layak. Persentase kelayakan media adalah 64% dapat diartikan bahwa media pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint Interaktif dalam kategori layak. Persentase kelayakan dari siswa yang dicapai adalah 87,81% dapat diartikan media pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPoint Interaktif dalam kategori layak. Siswa tertarik dan dapat memahami materi yang disampaikan melalui tampilan yang didesain secara interaktif. Media pembelajaran dengan Powerpoint Interaktif ini telah teruji untuk meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 17,15%. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dengan Powerpoint yang dikembangkan layak digunakan sebagai pendukung pembelajaran IPA dan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.Kata kunci : Media Pembelajaran, Microsoft PowerPoint Interaktif, Kelayakan, Prestasi Belajar IPAABSTRACTThis research aims to: 1) Develop the science teaching media by using the Microsoft Power Point Interactive in Ngrukeman Elementary School Kasihan Bantul, 2) Determine the feasibility of instructional media by using Microsoft PowerPoint interactive as science teaching media in Ngrukeman Elementary School Kasihan Bantul and its influence on student achievement. The results showed that the level of feasibility instructional media by using Microsoft PowerPoint Interactive is declared feasible based on the result of testing experts and students opinion. The percentage of material feasibility conducted by experts lectures is 68%, it can be interpreted that the science material in a feasible category. The percentage of feasibility media is 64% it means that the instructional media by using Microsoft PowerPoint Interactive in a feasible category. The percentage of feasibility from students who achieved was 87.81%, it can be interpreted instructional media using Microsoft PowerPoint Interactive in the feasible category. Students are interested and able to understand the material presented through an interactive display designed. Instructional media by using PowerPoint Interactive has been tested to improve student achievement of 17.15%. From the test results, it can be concluded that the instructional media with a PowerPoint developed feasible for science teaching support and effectively to improve the student achievement.Keywords: Instructional Media, Microsoft PowerPoint Interactive, Feasibility, Science Learning Achievement