UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SD N 2 JLEGIWINANGUN KUTOWINANGUN KEBUMEN TAHUN AJARAN 2014/2015

Main Author: Mudhanatun, Anas
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas PGRI Yogyakarta , 2016
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/JPGSDI/article/view/298
Daftar Isi:
  • AbstrakTujuan dilakukannya penelitian ini untuk memecahkan masalah dan mencari solusi daripermasalahan yang ada di kelas III. Permasalahan yang ada di kelas tersebut adalah rendahnyaketerampilan menulis karangan deskripsi. Solusi yang dipilih untuk memecahkan masalah di kelas III adalahdengan penggunaan media gambar dalam pembelajaran menulis. Jadi tujuan penelitian ini adalah untukmeningkatkan ketrampilan menulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan untuk mencari solusi daripermasalahan yang ada di kelas tersebut. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III yang terdiri dari 15siswa. Penelitian dilakukan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam pembelajaran menulis karangandeskripsi. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilanmenulis karangan deskripsi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas III SD N 2Jlegiwinangun.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkankemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas III SD N 2 Jlegiwinangum. Dilihat dari nilai prasiklus ditemukan siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 8 siswa. Setelah dilaksanakan tindakansiklus I persentase ketuntasan siswa sebesar 66,67% dan siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak10 siswa. Kemudian pada tindakan siklus II persentase ketuntasan siswa meningkat lagi yaitu sebesar 80%dan jumlah siswa yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 12 siswa. Berdasarkan hasil tersebut dapatdisimpulkan bahwa penggunaan media gambar pada pembelajaran menulis karangan deskripsi di kelas IIISD N 2 Jlegiwinangun Kutowinangun Kebumen dapat meningkatkan keterampilan menulis karangandeskripsi.Kata Kunci :Keterampilan Menulis, Karangan Deskripsi, dan Media GambarAbstractThis research is conducted in Jlegiwinangun 2 Elementary School Kutowinangun Kebumen onIndonesia subjects of third grade students. This research is done to solve the problem and seek a solution ofthe existing problems in the III class. The problem is the low of essay writing descriptions skill. The selectedsolution to solve the problem is the use of images in the writing class. So the goal of this research is toimprove an essay writing skills by using the media image description.This research is a classroom action research (CAR) is done to find solutions in the classroom. Thesubjects are 15 students. The research is conducted on Indonesian subjects in teaching essay writingdescriptions. The problems examined in this study is how to improve an essay writing skills by using themedia image description in the III class in Jlegiwinangun 2 Elementary School.2The results of this research indicated that the use of media images can improve an essay writingdescriptions which is found from pre-cycle only 8 students who reached minimum criteria completeness. Afterthe Ist cycle is implemented the completeness percentage is 66.67% students and students who reachedminimum criteria completeness are 10 students. Then in the second cycle, the percentage of completenessof students increased again into of 80% and the number of students who reached minimum criteriacompleteness 12 students. Based on these results, it can be concluded that the use of media imagesdescription can improve an essay writing skills description.Keywords: Writing Skills, Authorship Description, and Media Images