EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN GAME PETUALANGAN SI BOLANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA KELAS V SD DI KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Main Author: Muflichah, Nur Chanif
Format: Article application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas PGRI Yogyakarta , 2016
Online Access: http://upy.ac.id/ojs/index.php/JPGSDI/article/view/291
Daftar Isi:
  • ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar dan motivasi belajarBahasa Indonesia siswa yang diajar dengan menggunakan media pembelajaran gambar dan media gamePetualangan Si Bolang. Serta untuk mengetahui efektivitas media gambar dan media game Petualangan SiBolang dalam meningkatkan prestasi belajar dan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada tema 7 sejarahperadaban Indonesia Sub Tema 1 Kerajaan Islam di Indonesia kelas V SD di Kecamatan Kasihan BantulYogyakarta tahun pelajaran 2014/2015.Hasil penelitian menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dilihat dari prestasibelajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SD di Kasihan Bantul tahun pelajaran 2014/2015, yangmenggunakan media gambar dan media Game Petualangan Si Bolang dengan sig > 0,05 yaitu 0,656. Jikadilihat dari motivasi belajar ada perbedaan yang signifikan antara media game petualangan si Bolang danmedia gambar terhadap motivasi belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD di Kecamatan KasihanTahun Pelajaran 2014/2015 dengan sig > 0,05 yaitu 0,000. Jika dilihat dari media game petualangan siBolang dan media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia, maka game petualanganSi Bolang tidak efektif daripada media gambar dalam meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia kelasV SD di Kecamatan Kasihan Tahun Pelajaran 2014/2015. Dilihat dari media Game Petualangan Si Bolangdan media gambar dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia, maka game petualangan siBolang lebih efektif daripada media gambar dalam meningkatkan motivasi belajar Bahasa Indonesia kelas VSD di Kecamatan Kasihan Tahun Pelajaran 2014/2015.Kata Kunci: Media Pembelajaran Game Petualangan Si Bolang, Motivasi Belajar, Prestasi belajar. ABSTRACKThe purpose of this research is figure out the difference between the student learning achievementand motivation to learn Bahasa Indonesia which taugh image as an instructional media and determine thedifference between the student that taught by Petualangan Si Bolang’s game theme 7 of Indonesiancivilization history, sub theme 1 the Islamic kingdomin Indonesia for Indonesia for fifth grade of elementaryschool in kasihan Bantul yogyakarta 2014/2015.The result of this research conclude that there are significant differences between the control classand experimental class that can be seen from the fifth grade student’s achievement in learning BahasaIndonesian Kasihan Bantul primary school in 2014/2015 which use pictures and Petualangan Si Bolang’sGame as a learning media with sig>0,05. If viewed from the motivation to learn there is a significantdifference between the Bolang media adventure games and media images on motivation to BahasaIndonesian in fifth grade elementary school students in the academic year 2014/2015 Kasihan with sig> 0.05is 0.000. If seen from the Bolang media adventure games and media images in the Indonesian improvinglearning achievement, the Si Bolang adventure games are not effective than media images in the Indonesianimproving learning achievement in class V SD Kasihan academic year 2014/2015. Judging from the mediaGames Adventure Si Bolang and media gamba in increasing motivation to learn Indonesian, then the Bolangadventure games are more effective than media images in increasing motivation to learn Indonesian in classV SD Kasihan academic year 2014/2015.Keywords: instructional media Petualangan Si Bolang Game, learning motivation, learning achevement.