HUBUNGAN ANTARA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DENGAN PRESTASI BELAJAR IPS
Main Authors: | Yulina Ningrum, Shinta Devi, Suwarni, Nani, Rosana, Rosana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JPG (Jurnal Penelitian Geografi)
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/9327 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/9327/5960 |
Daftar Isi:
- This research aimed to find out the relationship between the environmental conditions of residence and the learning achievements of students of class VII Junior state Satu Atap Gedongtataan. Research methodology used in this research was correlational method. Based on data analysis wich have been done, the research results showed that the: there was a strong correlation and significant between environmental residence with social class learning achievements grade students VII public junior high school Satu Atap Gedongtaan years lesson 2014/2015. The better student living environment the better students achievement that the student got. The calculation used correlation product moment formulas and the result = 0,81, = 0,76, = 0,74, =0,72.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Antara Kondisi Lingkungan Tempat Tinggal Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri Satu Atap Gedongtataan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ada hubungan yang kuat dan signifikan antara lingkungan tempat tinggal dengan prestasi belajar IPS kelas VII SMP Negeri Satu Atap Gedongtataan tahun pelajaran 2014/2015. Semakin baik lingkungan tempat tinggal seorang siswa maka semakin baik pula prestasi belajarnya. Dari perhitungan menggunakan rumus korelasi product moment dan diperoleh hasil = 0,81, = 0,76, = 0,74, =0,72.Kata kunci: lingkungan tempat tinggal, prestasi belajar, hubungan.