PENGGUNAAN METODE DISKUSI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR
Main Authors: | Kurniawati, Tia, Pargito, Pargito, Rosana, Rosana |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JPG (Jurnal Penelitian Geografi)
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/5851 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/5851/3613 |
Daftar Isi:
- This study aims to analyze the use of the discussion method improves learning and learning outcomes geography class XI IPS 3 SMA Negeri 1 Natarian. Classroom action research was conducted in three cycles. The results showed that in the first cycle, a high percentage of students interested in studying only reached 45.46%, while the percentage of student learning outcomes completeness 48.48% (16 people). In the second cycle students interested in a high percentage had increased up to 66.67% and the percentage of mastery learning outcomes also increased to 60.61% (20 people). Later in the third cycle as well as a result of this study, the percentage of students interested in higher learning has increased to 78.79% at the second meeting and the percentage of completeness student learning outcomes also increased to 75.76%.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan minat belajar dan hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Natar. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, persentase siswa berminat belajar tinggi hanya mencapai 45,46% sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 48,48% (16 Orang). Pada siklus II persentase siswa berminat tinggi mengalami peningkatan hingga mencapai 66,67% dan persentase ketuntasan hasil belajar juga meningkat menjadi 60,61% (20 Orang). Selanjutnya pada siklus III yang sekaligus menjadi hasil dari penelitian ini, persentase siswa berminat belajar tinggi telah meningkat menjadi 78,79% pada pertemuan II dan persentase ketuntasan hasil belajar siswa juga ikut meningkat menjadi 75,76%.Kata kunci: hasil belajar, metode pembelajaran diskusi, minat belajar