PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI
Main Authors: | Saputra, Pandu, Pargito, Pargito, Haryono, Edy |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JPG (Jurnal Penelitian Geografi)
, 2014
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/4908 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/4908/3051 |
Daftar Isi:
- This study aims to determine the influence of using computer-based learning and conventional learning towards learning achievement in geography of the tenth grade of IPS on Atmospheric Dynamics material at SMA Negeri 1 Way Jepara in 2013/2014 Academic Year. The method used in this study is quasi-experimental. Data collection tools used was achievement test subjectâ€TMs Atmospheric Dynamics on the geography material. Analysis of the data used is T test. The results showed that: The use of computer-based learning gives higher impact on improving student learning achievement compared with conventional learning. Studentsâ€TM learning achievement with computer-based learning with an average score is 77.97 and mastery learning which reached 86.4%, conventional learning with the average score is 64.86 and 36.1% mastery learning.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis komputer dan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi pada materi Dinamika Atmosfer kelas X IPS SMA Negeri 1 Way Jepara Tahun Ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini eksperimen semu. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar mata pelajaran geografi pada materi Dinamika Atmosfer. Analisis data yang digunakan adalah uji T. Dari hasil penelitian diketahui bahwa: Penggunaan pembelajaran berbasis komputer memberikan pengaruh yang lebih tinggi terhadap peningkatan hasil belajar siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil belajar siswa dengan pembelajaran geografi berbasis komputer dengan nilai rata-rata yaitu 77,97 dan ketuntasan belajar mencapai 86,4%, pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata yaitu 64,86 dan ketuntasan belajar 36,1%.Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran berbasis komputer, pembelajaran konvensional.