PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR

Main Authors: Lesmana, Ade, Sudarmi, Sudarmi, Yarmaidi, Yarmaidi
Other Authors: Universitas Lampung
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JPG (Jurnal Penelitian Geografi) , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/2858
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/2858/1816
Daftar Isi:
  • This research aims to determine the average difference between the results of test before and after the use of multimedia learning. This research is experimental research using pre-experimental design (non design) with model of one-group pretest-posttest design. Subjects of the research is VIIB class with 29 students in SMP N 1 Way Tenong. This research are analyzed statistically using paired sample t test. The results showed there is a difference between the average achievement before and after the use of multimedia learning. It can be concluded that multimedia learning can improve academic achievement.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan rata-rata antara hasil tes sebelum dan sesudah penggunaan pembelajaran multimedia. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan pre-experimental designs (non design) dengan model one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian berjumlah 29 siswa di SMP N 1 Way Tenong. Penelitian ini dianalisis secara statistik menggunakan paired sample t test. Hasil penelitian menunjukan ada perbedaan antara rata-rata prestasi belajar sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar.Kata kunci: IPS, multimedia pembelajaran, prestasi belajar