PEMBELAJARAN KREATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU

Main Authors: Khalimah, Nur, Yarmaidi, Yarmaidi, Rosana, Rosana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JPG (Jurnal Penelitian Geografi) , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/2433
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/2433/1515
Daftar Isi:
  • This research is intended to find The studentsâ€TM achievement of creative teaching higher than conventional teachingâ€TM. The method used in this research was Quasy Experiment by using Non Equivalent Control Group desain. Experimen class and control class was taken by using random technique, selected class VIIB and VIIC SMPN 4 Natar and class VIIB is eksperimen class, class VIIC is control class . Data collecting tools were used by documentasion, and test pretest dan postest. and the used to process the research data was SPSS version 17 The result of this research showed studentsâ€TM achievement of creative teaching higher than conventional teachingâ€TM.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kreatif dengan pembelajaran konvensional. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain non equivalen control grup desain. kelas eksperimen dan kontrol dipilih  secara acak, dan terpilih kelas VIIB dan VIIC SMPN 4 Natar, dengan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol.Pengelolahan data penelitian menggunakan SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran kreatif  lebih tinggi dari pembelajaran konvensional.Kata kunci : hasil belajar siswa, meningkatkan, pembelajaran kreatif.