PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MENGGUNAKAN DAN YANG TIDAK MENGGUNAKAN MEDIA PETA

Main Authors: Sari, Yoga Puspa, Sugiyanta, I Gede, Miswar, Dedy
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JPG (Jurnal Penelitian Geografi) , 2013
Online Access: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/2271
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/2271/1365
Daftar Isi:
  • The purpose of this research is find the difference between the value of the pretest students geography subjects, determine differences in achievement between students taught geography using the media map and taught without using the media map class X. The method used in this study is the experimental method. Object of this study is the use of media map of learning achievement. Means of data collection techniques used are direct observation, documentation and test with multiple choice type questions. Analysis and hypothesis testing performed by t-test. The results of this study showed a comparison of the average achievement of students who are taught using maps and media students who are taught without the use of media map the average achievement of students who are taught using these maps magnitude higher than the value the average achievement of students who are taught without the use of media map.Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui perbedaan nilai pretes siswa pada mata pelajaran geografi, Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar geografi antara siswa yang menggunakan media peta dan tanpa menggunakan media peta kelas X. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode eksperimen. Objek penelitian ini adalah pengunaan media peta terhadap prestasi belajar. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi langsung, dokumentasi dan tes dengan jenis soal pilihan ganda. Analisa dan uji hipotesis dilakukan dengan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbandingan nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang dengan menggunakan media peta dan siswa tanpa menggunakan media peta nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan media peta ini lebih tinggi dari pada nilai rata-rata prestasi belajar siswa yang diajar tanpa menggunakan media peta. Kata kunci: media peta, perbandingan, prestasi belajar