Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi
Main Authors: | Riama, Prayoga Desta, Sumadi, Sumadi, Nugraheni, Irma Lusi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JPG (Jurnal Penelitian Geografi)
, 2018
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/16957 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/16957/12090 |
Daftar Isi:
- This study aims to improve student activity and learning outcomes in class X IPS 1 at SMAN 1 Kasui. The subjects is 32 students X IPS 1. The method this research is PTK using three cycles. The results that discovery learning learning model had an influence in increasing student learning activities. In the first cycle of learning activities that active at 21.88%, the second cycle 50% and the third cycle increased 71.88 %. In addition, the model of discovery learning also has learning abilities that increase at 6.1% and at the same time an average of 6.25% and in the second cycle is 34.38% and in the third cycle is increased 71.88%, and the discovery learning model of student learning outcomes is increased by 6.1% and at the same time the average obtained 6.25%, in the second cycle 34.38% and in the period increased to 71.88% .Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar pada siswa kelas X IPS 1 di SMAN 1 Kasui. Subyeknya adalah 32 siswa X IPS 1. Metode penelitian ini PTK menggunakan tiga siklus. Hasil penelitian model discovery learning memiliki pengaruh dalam meningkatkan aktivitas belajar siswa. Pada siklus pertama kegiatan belajar aktif sebesar 21,88%, siklus II 50% dan siklus ketiga meningkat menjadi 71,88%, dan model discovery learning juga memiliki kemampuan belajar yang meningkat 6,1% dan pada saat yang sama rata-rata 6,25% dan pada siklus kedua adalah 34,38% dan pada siklus ketiga meningkat 71,88%, model pembelajaran discovery learning mampu meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 6,1% dan pada saat yang sama rata-rata yang diperoleh 6,25%, pada siklus kedua 34,38% dan pada periode meningkat menjadi 71,88%.Kata kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, model discovery learnin