PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PORTOFOLIO TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS
Main Authors: | Hikmah, Fida Al, Zulkarnain, Zulkarnain, Miswar, Dedy |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JPG (Jurnal Penelitian Geografi)
, 2017
|
Online Access: |
http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/13185 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/13185/9455 http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPG/article/view/13185/9456 |
Daftar Isi:
- The purpose of this research is to analyze (1) the difference of learning result of student geography in experimental class using cooperative learning model of portfolio type and control class using only conventional learning. (2) influence of cooperative learning model of portfolio type to geography learning result of grade XI IPS MA Al-Fatah. The study used quasi experimental method. The population in this study were the students of class XI IPS. Data analysis techniques used were t test and simple linear regression analysis. The result of research shows that (1) there is difference of learning result of student geography in experimental class using cooperative learning model of portofolio type and control class using only conventional learning, (2) there is influence of cooperative learning model of portofolio type to learning result of student geography An increase of 68.83% in the class XI IPS MA Al-Fatah.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) perbedaan hasil belajar geografi siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe portofolio dan kelas kontrol yang hanya menggunakan pembelajaran konvensional. (2) pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe portofolio terhadap hasil belajar geografi siswa kelas XI IPS MA Al-Fatah. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar geografi siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe portofolio dan kelas kontrol yang hanya menggunakan pembelajaran konvensional, (2) ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe portofolio terhadap hasil belajar geografi siswa meningkat 68,83% pada kelas XI IPS MA Al-Fatah.Kata kunci: hasil belajar geografi, konvensional, portofolio.