EFEKTIVITAS PELAYANAN PUBLIK DI DISTRIK SORONG KABUPATEN, KABUPATEN SORONG, PROVINSI PAPUA BARAT
Main Authors: | Tekege, Natal Merry, Murti, Indah |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
, 2015
|
Online Access: |
http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpap/article/view/399 http://jurnal.untag-sby.ac.id/index.php/jpap/article/view/399/364 |
Daftar Isi:
- Distrik menjadi salah satu ujung tombak pemberi pelayanan pemerintah. Distrik merupakan perangkat daerah sesuai dengan UU No. 32 Tahun 2004. Distrik berperan penting dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tanpa tercampur oleh unsur-unsur politik yang berkembang dimasyarakat.Tujuan penelitian ini adalalah untuk mengetahui Pelayanan publik di Kantor Distrik Sorong, Kabupaten Sorong. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan sumbernya adalah sumber data primer. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum dapat dikatakan bahwa pelayanan publik yang ada di Kantor Distrik Sorong Kabupaten sudah cukup baik, dengan nilai mean sebesar 3,772. Berdasarkan analisis menggunakan nilai mean, dapat dibuat dua kategori indikator, yaitu indikator atas dan indikator bawah. Indikator atas adalah indikator dengan nilai mean di atas nilai mean pelayanan publik, sementara indikator bawah adalah indikator dengan nilai mean di bawah nilai mean pelayanan publik. Indikator atas terdiri dari 6 indikator dan indikator bawah terdiri dari 7 indikator. Indikator bawah ini adalah indikator yang perlu untuk mendapatkan perhatian dari pihak Kantor Distrik Sorong Kabupaten agar nilainya bisa terus ditingkatkan. Saran yang dapat diberikan adalah memberikan penjelasan kepada masyarakat yang datang tentang prosedur pelayanan dengan menyiapkan seorang petugas khusus, memperjelas unit kerja yang memberikan pelayanan dengan cara memberikan arahan kepada setiap masyarakat yang datang unit kerja mana yang harus dituju, menerapkan aturan mengenai biaya pelayanan dan tata cara pembayaran sesuai dengan aturan yang berlaku, meningkatkan kepastian waktu penyelesaian, meminimalkan kesalahan dalam pelayanan, meningkatkan keamanan data, dan menambah peralatan.Kata Kunci: Pelayanan publik, distrik, kantor