STRATEGI PEMASARAN CINCAU HITAM (Mesona Palustris) DI KOTA MEDAN
Main Authors: | Nasution, Nur’aidah; Alumni Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Fauzia, Lily; Staf Pengajar Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Hutajulu, A.T.; Staf Pengajar Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
, 2014
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/8197 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/8197/3554 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui saluran pemasaran cincau hitam, untuk mengetahui faktor internal dan eksternal pada pemasaran cincau hitam dan untuk mengetahui strategi pemasaran cincau hitam. Daerah penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) berdasarkan pertimbangan tertentu. Metode penentuan sampel adalah metode sensus, yaitu seluruh industri cincau hitam di Kota Medan menjadi sampel dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SWOT. Hasil penelitian ini yaitu terdapat dua jenis saluran pemasaran cincau hitam di Kota Medan. Faktor internal yang terdiri dari kekuatan yaitu harga jual cincau hitam, jumlah produksi cincau hitam, kualitas produk, jumlah tenaga kerja dan kelemahan yaitu modal usaha, variasi produk, teknologi produksi cincau hitam. Faktor eksternal yang terdiri dari peluang yaitu bahan baku dan permintaan pasar serta ancaman yaitu perusahaan pesaing dan pergantian musim. Strategi pemasaran cincau hitam di Kota Medan menggunakan strategi turn around yaitu meminimalkan kelemahan untuk memanfaatkan peluang. Kata Kunci : Cincau Hitam, Faktor Internal dan Eksternal, Strategi Pemasaran