PENGARUH BUAH IMPOR TERHADAP DAYA SAING BUAH LOKAL (Studi Kasus Kota Medan, Provinsi Sumatera Utara)
Main Authors: | Sinambela, Michaela Glady; Alumni, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Sihombing, Luhut; Staff Pengajar, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Ayu, Sri Fajar; Staff Pengajar, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
, 2014
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/8194 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/8194/3551 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk (1) Untuk mengetahui pola perdagangan buah impor antar wilayah yang berjalan, (2) Untuk menganalisis pengaruh keberadaan buah impor terhadap buah lokal secara kuantitatif di daerah penelitian, (3) Untuk mengetahui pola konsumsi masyarakat terhadap buah impor dan buah lokal di daerah penelitian, dan (4) Untuk menganalisis strategi peningkatan daya saing buah lokal terhadap keberadaan buah impor di daerah penelitian. Metode penetuan sampel yang digunakan pada penelitian adalah Accidental Sampling dengan jumlah sampel 30 pedagang dan 30 konsumen. Pengujian hipotesis menggunakan metode (1) metode deskriptif, (2) metode analisis linier berganda serta alat bantu SPSS, (3) metode deskriptif penjabaran pola konsumsi, dan (4) metode analisis SWOT dan rencana kegiatan serta kebijakan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Pola perdagangan buah impor yang sedang berjalan adalah Negara China, Banda Aceh, Brebes (Jawa Timur), Berastagi, Simalungun, Tuntungan, dan Tanjung Morawa lalu disalurkan ke pasar sentral kemudian didistribusikan berbagai pasar di Kota Medan, (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi harga buah lokal adalah jumlah buah impor, dan kurs rupiah terhadap dollar, (3) Buah yang paling diminati adalah buah jeruk dan mangga. Hal-hal yang mempengaruhi konsumen dalam mengkonsumsi buah adalah jenis buah, kebiasaan, pengetahuan akan kandungan buah, ketersediaan, ketergantungan pada impor, asal produksi, alasan mengkonsumsi, lokasi pedagang, budget belanja, intensitas mengkonsumsi, dan kebutuhan, serta (4) Faktor internal yang mempengaruhi daya saing buah lokal adalah modal, kualitas buah, tampilan (packing) buah, ketersediaan, dan sifat buah yang musiman. Sedangkan faktor eksternal adalah penggunaan pengawet, supermarket di sekitar pasar tradisional yang identik dengan buah impor, permintaan (minat) konsumen, penawaran dari agen, hari raya besar/akhir pekan, dan harga buah Kata kunci: regresi linier berganda, buah impor, buah lokal, pola konsumsi, analisis SWOT