FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN MEMBELI MINYAK GORENG CURAH (Kasus: Pasar Sentral Kota Medan)

Main Authors: Utama, Apriananda; Alumni Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Fauzia, Salmiah, Lily; Staff Pengajar Program Studi Agribisnis Fakultas PertanianUniversitas Sumatera Utara
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS , 2014
Online Access: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/8083
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/8083/3473
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi alasan konsumen membeli minyak goreng curah, untuk menganalisis hubungan antara umur dan tingkat pendidikan dengan perilaku konsumendan untuk menganalisis pengaruh harga minyak goreng curah, pendapatan dan jumlah tanggungan terhadap jumlah pembelian minyak goreng curah di lokasi penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, metode analisis korelasi Rank Spearman dan metode analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) alasan konsumen membeli minyak goreng curah adalah harganya murah, karena kebutuhan sehari-hari, mudah diperoleh, sesuai dengan kemampuan pendapatan dan kebiasaan membeli. Perilaku konsumen minyak goreng curah tergolong tinggi; (2) Tidak terdapat hubungan antara umur dan tingkat pendidikan dengan perilaku konsumen; (3) Secara parsial harga minyak goreng curah berpengaruh signifikan terhadap jumlah pembelian minyak goreng curah sedangkan pendapatan dan jumlah tanggungan tidak berpengaruh signifikan terhadap jumlah pembelian minyak goreng curah. Kata Kunci :Perilaku Konsumen, Minyak Goreng Curah,