STRATEGI PENGEMBANGAN AGRIBISNIS KOPI MANDAILING (Coffea arabica) Studi Kasus Desa Simpang Banyak Julu, Kecamatan Ulu Pungkut, Kabupaten Mandailing Natal

Main Authors: Toguria, Nova Rohani; Alumni Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian USU, Chalil, Diana; Staf Pengajar Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian USU, Kesuma, Sinar Indra; Staf Pengajar Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian USU
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS , 2014
Online Access: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/8058
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/8058/3452
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Kopi Mandailing merupakan salah satu Kopi Arabika spesialti dari Provinsi Sumatera Utara. Permintaan dan harga jual ekspor cukup tinggi namun belum dapat dimanfaatkan oleh produsen di Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pengembangan agribisnis Kopi Mandailing di Desa Simpang Banyak Julu, Kecamatan Ulu Pungkut, Kabupaten Mandailing Natal. Selanjutnya dari identifikasi tersebut akan disusun strategi pengembangan agribisnis Kopi Mandailing. Data diperoleh dari 20 petani Kopi Mandailing yang ditentukan secara sensus. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data menggunakan analisis kuantitatif matriks SWOT. Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa faktor-faktor internal yang mempengaruhi adalah: 1)Kondisi fisik dan mutu kopi Mandailing, 2)Produksi kopi Mandailing, 3)Pengalaman petani dalam usaha tani kopi Mandailing, 4)Penguasaan petani terhadap teknik budidaya kopi, 5)Luas lahan dan 6)Penggunaan input. Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi pengembangan kopi Mandailing yaitu: 1)Permintaan kopi Mandailing, 2)Lembaga pendukung permodalan, 3)Tenaga pendamping, 4)Sarana pendukung dan infrastruktur, 5)Tenaga kerja yang digunakan, 6)Posisi tawar, 7)Akses pasar, 8)Harga input rata-rata, 9)Harga jual kopi Mandailing di tingkat petani dan 10)Bantuan pemerintah. Dalam faktor internal kekuatan lebih banyak daripada kelemahan dengan selisih 1,54 sementara pada faktor eksternal peluang lebih banyak daripada ancaman dengan selisih 0,47. Dengan demikian diperoleh strategi agresif pada kuadran I. Penjelasan dari strategi tersebut dapat dijabarkan dalam empat kombinasi alternatif strategis, yaitu strategi SO, strategi ST, strategi WO dan strategi WT. Kata Kunci : Kopi Mandailing, faktor internal, faktor eksternal, strategi