ANALISIS PRODUKSI DAN PEMASARAN UBI KAYU (Studi Kasus: Desa Lau Bekeri, Kecamatan Kutalimbaru,Kabupaten Deli Serdang)

Main Authors: Lubis, Mawaddah Faliha; Mahasiswa Program Studi Agribisnis, Ginting, Rahmanta; Dosen Program Studi Agribisnis, Lubis, Satia Negara; Dosen Program Studi Agribisnis
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS , 2014
Online Access: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/7879
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/7879/3342
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis produksi dan pemasaran ubi kayu di Desa Lau Bakeri, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang. Diantaranya dengan menganalisis regresi linear berganda dengan metode OLS (Ordinary Least Square), menganalisis pendapatan petani ubi kayu, menganalisis bagaimana rantai pemasaran bibit karet rakyat, dan menganalisis price spread dan share margin yang terjadi pada petani ubi kayu, dan menganalisis bentuk struktur pasar ubi kayu. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari petani melalui wawancara langsung dengan menggunakan daftar pertanyaan yang telah dipersiapkan terlebih dahulu. Petani responden diambil dengan menggunakan metode slovin sehingga ditentukan besar sampel petani mawar sebanyak 40 orang petani ubi kayu. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis OLS (Ordinary Least Square),pendapatan, Rantai Pemasaran, Marketing Margin; Price Spread dan Share Margin, dan menganalisis struktur ubi kayu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil regresi dari metode OLS (Ordinary Least Square) diperoleh persamaan Y = 6559,691 + 18.238,604X1 + 6,427X2 + 0,288X3 + 1.581,928X4 + 142,203X5. Pendapatan yang diperoleh petani ubi kayu sebesar Rp. 30.722.921,60. Dalam Rantai Pemasaran ubi kayu terdapat 3 lembaga yang terlibat yaitu petani, pedagang/agen, konsumen. struktur pasar ubi kayu adalah duopsoni. Marketing Margin, Price Spread dan Share Margin dalam pemasaran ubi kayu menunjukkan adanya perbedaan masing- masing harga yang diterima oleh petani maupun pedagang ubi kayu. Kata kunci : Produksi Ubi Kayu, Pendapatan, Pemasaran, Struktur Pasar.