ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP BUAH ANGGUR IMPOR KOTA MEDAN
Main Authors: | Lubis, David Dior J; Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Wibowo, Rulianda P; Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Hasyim, Hasman; Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
, 2019
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/22688 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/22688/9818 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan bagaimana tingkat kepentingan konsumen terhadap atribut buah anggur impor di Kota Medan dan untuk menjelaskan bagaimana tingkat kepercayaan konsumen terhadap atribut buah anggur impor Kota Medan serta untuk menjelaskan bagaimana sikap konsumen terhadap buah anggur impor di Kota Medan. Metode penentuan daerah penelitian dengan purposive. Metode penentuan sampel adalah menggunakan Non Probability Sampling dengan memberi peluang atau kesempatan tidak sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel. Penentuan jumlah sampel sebanyak 30 orang. Metode analisis yang digunakan untuk tujuan penelitian ini adalah analisis deskriptif,untuk tujuan penelitian kedua dan ketiga digunakan analisis Multiatribut Fishbein. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa konsumen memiliki sikap positif terhadap buah anggur impor, namun konsumen akan tetap membeli/mengkonsumsi buah anggur apabila terjadi kenaikan harga, adapun atribut buah anggur yang dipertimbangkan konsumen antara lain rasa, aroma, harga, kesegaran buah, merek, vitamin, warna buah anggur impor, dan ukuran. Kata Kunci : Sikap Konsumen , Proses Pengambilan Keputusan, Nilai Atribut-Atribut Buah Anggur Impor