ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP APEL LOKAL DAN APEL IMPOR (Studi Kasus di Kota Medan, Sumatera Utara)
Main Authors: | Napitupulu, Pangeran Christ Romario; Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Iskandarini, Iskandarini; Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, Jufri, M.; Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/22298 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/22298/9644 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian untuk menentukan atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan membeli buah apel lokal dan apel impor dan menganalisis sikap konsumen terhadap buah apel lokal dan apel impor di Kota Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif, scoring, dan model sikap multiatribut Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan atribut yang paling dipertimbangkan konsumen dalam keputusan membeli buah apel lokal dan apel impor di Kota Medan adalah atribut harga; Sikap konsumen terhadap buah apel lokal dan apel impor di daerah penelitian secara keseluruhan bahwa total nilai sikap untuk buah apel impor lebih besar dari pada total nilai sikap buah apel lokal. Artinya, konsumen yang mengonsumsi buah apel memiliki sikap yang lebih positif terhadap buah apel impor dibandingkan buah apel lokal. Kata Kunci: Sikap Konsumen, Apel lokal dan apel impor.