FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN UNTUK MEMBELI SAYURAN HIDROPONIK DI KOTA MEDAN

Main Authors: Parhusip, Arnold Arianto; Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Chalil, Diana; Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Supriana, Tavi; Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS , 2018
Online Access: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/22289
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/22289/9636
Daftar Isi:
  • Sayuran hidroponik mucul menjadi salah satu pilihan sayuran yang lebih sehat dibandingkn dengan sayuran konvensional, terutama untuk pembeli di kota-kota besar seperti diKota Medan. Namun perkembangan produksinya relatif lambat karena minimnya informasi mengenai permintaan sayuran hidroponik tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli sayuran hidroponik di daerah penelitian. Data diperoleh dari 80 responden yang ditetapkan secara Accidental dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode regresi logistik biner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umur konsumen secara signifikan mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli sayuran hidroponik, sedangkan tingkat pendidikan, jumlah pendapatan, pengetahuan dan jumlah anggota keluarga tidak berpengaruh signifikan. Kata Kunci : sayuran hidroponik, faktor pengaruh, keputusan membeli