FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PEMBELIAN TELUR AYAM RAS DAN AYAM KAMPUNG (Kasus Pasar Petisah Kota Medan)
Main Authors: | Hafiz, Muhammad; Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Fauzia, Lily; Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Iskandarini, Iskandarini; Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/21343 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/21343/9318 |
Daftar Isi:
- Tujuan Penelitian untuk menganalisis karakteristik konsumen dalam pembelian telur ayam ras dan ayam kampung di daerah penelitian dan untuk menganalisis faktor – faktor sosial ekonomi yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian telur ayam ras dan ayam kampung di daerah penelitian. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah pada pembelian telur ayam ras, dari keseluruhan variabel bebas karakteristik sosial ekonomi (harga, umur, pendapatan, pendidikan, jumlah tanggungan, jarak ke lokasi pasar, dan pekerjaan) secara serempak berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah jumlah membeli telur ayam ras. Secara parsial variabel harga dan pendapatan berpengaruh nyata terhadap jumlah membeli telur ayam ras, sedangkan variabel umur, pendidikan, jumlah tanggungan, jarak ke lokasi pasar, dan pekerjaan tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah membeli telur ayam ras. Pada pembelian telur ayam kampung, dari keseluruhan variabel bebas karakteristik sosial ekonomi (harga, umur, pendapatan, pendidikan, jumlah tanggungan, jarak ke lokasi pasar, dan pekerjaan) secara serempak berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah jumlah membeli telur ayam ras. Secara parsial variabel harga, pendapatan, dan pendidikan berpengaruh nyata terhadap jumlah membeli telur ayam ras, sedangkan variabel umur, jumlah tanggungan, jarak ke lokasi pasar, dan pekerjaan tidak berpengaruh nyata terhadap jumlah membeli telur ayam ras. Kata Kunci : Faktor – faktor, Konsumen, Telur Ayam Ras dan Telur Ayam Kampung