ANALISIS PERILAKU KONSUMEN KEPUTUSAN PEMBELIAN TELUR PREMIUM OMEGA-3 DI KOTA MEDAN
Main Authors: | Nasution, Yusra Mauliza; Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Iskandarini, Iskandarini; Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, Hasyim, Hasman; Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/21331 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/21331/9306 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan karakteristik konsumen telur premium omega-3 dan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian telur premium omega-3.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi berganda menggunakan alat bantu SPSS 17. Penentuan daerah lokasi penelitian dilakukan secara purposive. Teknik pengambilan sampel dengan metode accidental sampling dengan jumlah sampel 30 responden. Penelitian ini dilakukan pada Februari – Maret 2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karakeristik konsumen telur premium omega-3 adalah paling banyak berada pada kelompok umur 46-54 tahun, pendidikan konsumen yang paling banyak yaitu berada pada tingkat pendidikan sarjana, pekerjaan konsumen yang paling banyak yaitu berada pada pekerjaan ibu rumah tangga, pendapatan konsumen yang paling banyak berada pada kelompok pendapatan Rp. 4.900.000 – Rp. 6.200.000. Variabel faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi, dan faktor psikologi secara serempak berpengaruh nyata terhadap variabel terikat keputusan pembelian telur premium omega-3. Sedangkan variabel faktor budaya dan variabel faktor psikologi yang secara partial berpengaruh nyata terhadap variabel keputusan pembelian telur premium omega-3. Kata kunci : Karakteristik Konsumen, Perilaku Konsumen, Keputusan Pembeliam Telur Premium Omega-3