ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PETANI TERHADAP PELAYANAN CREDIT UNION (CU) (Studi Kasus CU Merdeka, Desa Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo)

Main Authors: Syauqani Taswin, Imam, Salmiah, Salmiah, Fajar Ayu, Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS , 2018
Online Access: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/17502
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/17502/7437
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan petani terhadap pelayanan Credit Union (CU) Merdeka Unit Desa Sempajaya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Karo. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive atau secara disengaja. Metode pengambilan sampel menggunakan metode Random Sampling dan metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda, Analisis Gap Dimensi Servqual, dan metode penskalaan likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Nilai dari analisis gap seluruh variabel mempunyai nilai negatif dan nilai tersebut masih lebih besar dari -1,0 yang berarti bahwa kinerja CU Merdeka Unit Desa Sempajaya sudah menunjukkan angka yang baik. Jika nilai gap untuk masing-masing variabel servqual diurutkan dari yang terbesar sampai yang terkecil maka urutannya adalah Tangibles -0,528 , Assurance sebesar -0,292, Reliability sebesar -0,223, Empathy sebesar -0,185, dan Responsiveness sebesar -0,130. (2) Hasil analisis CSI menunjukkan bahwa secara keseluruhan tingkat kepuasan Petani Nasabah CU Merdeka Unit Desa Sempajaya Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo adalah sebesar 78.80 %. Nilai ini berada diantara rentang skor (0,66 - 0,80) yang berarti berada dalam kategori puas. Kata Kunci: Tingkat Kepuasan, Dimensi Servqual, CU Merdeka .