FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERSEPSI PEDAGANG SAYUR DAN BUAH TERHADAP KEBERADAAN PASAR INDUK SAYUR MAYUR DAN BUAH-BUAHAN KOTA MEDAN

Main Authors: Anggita Putri, Retno, Maryunianta, Yusak, Salmiah, Salmiah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS , 2018
Online Access: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/17454
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/17454/7406
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi pedagang sayur dan buah terhadap keberadaan Pasar Induk Sayur Mayur dan Buah-Buahan Kota Medan, untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan persepsi pedagang sayur dan buah yang bertahan di Pusat Pasar Kota Medan, untuk menganalisis faktor yang berhubungan dengan persepsi pedagang sayur dan buah yang bersedia direlokasi ke Pasar Induk Sayur Mayur dan Buah-Buahan Kota Medan, dan untuk menganalisis hubungan antara persepsi pedagang sayur dan buah dengan keputusan pemilihan lokasi. Metode analisis yang digunakan adalah metode skala Likert dan metode Chi-Square. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah persepsi pedagang sayur dan buah terhadap keberadaan Pasar Induk Sayur Mayur dan Buah-Buahan Kota Medan adalah positif. Faktor aksesibilitas, lalu lintas, persaingan, dan pensiasatan sistem kontrol, tidak berhubungan nyata dengan persepsi pedagang sayur dan buah di Pusat Pasar Kota Medan. Tetapi terdapat hubungan yang nyata antara kenyamanan dan peraturan pemerintah dengan persepsi pedagang sayur dan buah di Pusat Pasar Kota Medan. (3) Faktor aksesibilitas, lalu lintas, persaingan, dan peraturan pemerintah, tidak berhubungan nyata dengan persepsi pedagang sayur dan buah di Pasar Induk Sayur Mayur dan Buah-Buahan Kota Medan. Tetapi terdapat hubungan yang nyata antara kenyamanan dengan persepsi pedagang sayur dan buah di Pasar Induk Sayur Mayur dan Buah-Buahan Kota Medan (4) Terdapat hubungan yang nyata antara persepsi pedagang sayur dan buah dengan keputusan pemilihan lokasi pasar. Kata Kunci : Persepsi, pasar induk