HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR SOSIAL EKONOMI DENGAN PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGKONSUMSI KOPI DI KOTA MEDAN

Main Authors: Sigit, Nirmasari, Salmiah, Salmiah, Maryunianta, Yusak
Format: Article info application/msword eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS , 2018
Online Access: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/17425
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/17425/7385
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumen dalam mengkonsumsi kopi di lokasi penelitian; untuk menganalisis hubungan faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis dengan perilaku konsumen dalam mengkonsumsi kopi; untuk menganalisis hubungan karakteristik sosial ekonomi (umur, tingkat pendidikan, pendapatan dan jumlah tanggungan) dengan perilaku konsumen dalam mengkonsumsi kopi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode skoring, analisis deskriptif, dan analisis korelasi rank Spearman. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive. Sejumlah sampel sebanyak 30 konsumen diambil secara accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumen dalam mengkonsumsi kopi di lokasi penelitian adalah gemar mengkonsumsi kopi; ada hubungan yang nyata antara faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis dengan perilaku konsumen dalam mengkonsumsi kopi; dan ada hubungan yang nyata antara umur, tingkat pendidikan, pendapatan dan jumlah tanggungan dengan perilaku konsumen dalam mengkonsumsi kopi di lokasi penelitian. Kata kunci: Perilaku Konsumen, Konsumsi Kopi, dan Faktor-Faktor Sosial Ekonomi