HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR SOSIAL EKONOMI DENGAN PERILAKU KONSUMEN DALAM MENGKONSUMSI KOPI DI KOTA MEDAN
Main Authors: | Sigit, Nirmasari, Salmiah, Salmiah, Maryunianta, Yusak |
---|---|
Format: | Article info application/msword eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/17425 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/17425/7385 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku konsumen dalam mengkonsumsi kopi di lokasi penelitian; untuk menganalisis hubungan faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis dengan perilaku konsumen dalam mengkonsumsi kopi; untuk menganalisis hubungan karakteristik sosial ekonomi (umur, tingkat pendidikan, pendapatan dan jumlah tanggungan) dengan perilaku konsumen dalam mengkonsumsi kopi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode skoring, analisis deskriptif, dan analisis korelasi rank Spearman. Penentuan daerah penelitian dilakukan secara purposive. Sejumlah sampel sebanyak 30 konsumen diambil secara accidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku konsumen dalam mengkonsumsi kopi di lokasi penelitian adalah gemar mengkonsumsi kopi; ada hubungan yang nyata antara faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis dengan perilaku konsumen dalam mengkonsumsi kopi; dan ada hubungan yang nyata antara umur, tingkat pendidikan, pendapatan dan jumlah tanggungan dengan perilaku konsumen dalam mengkonsumsi kopi di lokasi penelitian. Kata kunci: Perilaku Konsumen, Konsumsi Kopi, dan Faktor-Faktor Sosial Ekonomi