ANALISIS PREFERENSI DAN PENGARUH KARAKTERISTIK KONSUMEN TERHADAP JUMLAH KOMSUMSI BERAS DI KECAMATAN MEDAN DELI
Main Authors: | Amanda Sari Nasution, Poppy, Salmiah, Salmiah, Supriana, Tavi |
---|---|
Format: | Article info application/zip eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
, 2018
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/17405 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/17405/7353 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik konsumen beras di Kecamatan Medan Deli, menganalisis preferensi konsumen terhadap atribut-atribut beras (jenis, kepulenan, aroma, daya tahan, harga, bentuk beras, kemasan dan lokasi pembelian) di Kecamatan Medan Deli, menganalisis pengaruh karakteristik konsumen terhadap jumlah konsumsi beras di Kecamatan Medan Deli dan menganalisis hubungan preferensi konsumen dengan jumlah konsumsi beras di Kecamatan Medan Deli.Daerah penelitian ditentukan secara sengaja (purposive) dengan alasan daerah ini memiliki jumlah penduduk terbesar di Kota Medan.Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif, metode perhitungan Customer Satisfaction Index (CSI), metode regresi linear berganda, dan metode Chi-Square dengan alat bantu SPSS 17. Hasil penelitian ini menunjukkan konsumen beras di Kecamatan Medan Deli memiliki karakteristik yang berbeda-beda, baik itu dari segi usia, pendapatan, jumlah anggota keluarga, kondisi kesehatan, maupun pendidikan. Preferensi konsumen terhadap atribut-atribut beras pada setiap tingkat pendapatan menunjukkan tingkat kepuasan puas sampai dengan sangat puas.Karakteristik konsumen beras berpengaruh nyata secara serempak. Hanya usia dan jumlah anggota keluarga yang berpengaruh nyata secara parsial terhadap jumlah konsumsi beras. Terdapat hubungan yang nyata antara kepulenan dan kemasan dengan jumlah konsumsi beras, sedangkan atribut lainnya tidak memiliki hubungan yang nyata. Kata Kunci: konsumen beras, karakteristik konsumen, preferensi konsumen, dan atribut-atribut beras.