ANALISIS PENDAPATAN DAN STRATEGI PEMASARAN IKAN KERAPU TANGKAP (Ephinephelus tauvina) DI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Main Authors: Lubis, Rias Tampani, Ginting, Rahmanta, Salmiah, Salmiah
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS , 2013
Online Access: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/1738
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/1738/982
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kondisi eksisting pengelolaan ikan kerapu di daerah penelitian, menganalisis tingkat pendapatan nelayan dan pedagang ikan kerapu serta menentukan strategi pemasaran ikan kerapu di daerah penelitian. Metode Penelitian yang digunakan secara purposive, dengan analisis data deskriftif, dan analisis SWOT. Dari Hasi penelitian diperoleh, strategi pemasaran ikan kerapu oleh nelayan di daerah penelitian adalah mendapatkan hasil ikan yang lebih banyak dengan mendeteksi dan mengatur waktu penangkapan ikan, Ikan dijual di Tempat Pelelangan Ikan di tiap-tiap daerah, Memperbanyak produksi ikan hingga berhasil menjadi eksportir serta melakukan penjualan kedaerah lain. Perbanyak tenaga kerja agar mendapatkan hasil tangkapan yang lebih banyak. Perbanyak produksi dan pilih ikan yang berkualitas untuk meningkatkan harga jual, mengadakan promosi ke daerah lain agar mendatangi Tempat Pelelangan Ikan. Perbanyak intensitas komunikasi dengan pedagang agar diberikan informasi yang bermanfaat. Dan strategi pemasaran yang dilakukan oleh pedagang adalah memperluas usaha di daerah lain. Memanfaatkan tenaga kerja yang ada agar ikut menangkap ikan di laut dan juga membantu memasarkan ikan kerapu, mengadakan pendidikan dan pelatihan dengan melibatkan Dinas Perikanan. Memilih jenis ikan berkualitas untuk meningkatkan harga jual, Meningkatkan promosi sampai ke luar negeri serta adakan kerjasama antar negara melalui bantuan pemerintah. Kata Kunci : Pendapatan, Strategi Pemasaran, Analisis SWOT danIkanKerapu Tangkap. ANALYSIS OF INCOME AND MARKETING STRATEGY CAPTURE GROUPER FISH (Ephinephelus tauvina) IN SERDANG BEDAGAI ABSTRACT This study aims to clarify existing condition grouper management in the area of ​​research, analyzing the level of income of fishermen and traders grouper and grouper determine marketing strategies in the study area. Methods The study used purposive, with descriptive data analysis, and SWOT analysis. From the results obtained, a marketing strategy by grouper fishermen in the study area is getting the fish more time to detect and regulate fishing, fish sold at the fish auction place at each region, Increase fish production to successfully become an exporter and do sales of other regions. Expand the labor force in order to get more catches. Increase production and select quality fish to increase the selling price, holding the promotion into other areas in order to come to the fish auction place. Increase the level of communication with the merchant that provided useful information. And marketing strategies undertaken by the trader is expanding the business in other areas. Utilizing the existing workforce in order to catch fish in the sea and also help market grouper, conducting education and training involving the Fisheries Department. Choosing the type of quality fish to increase selling prices, increase promotion to overseas and interstate cooperation forged through government assistance. Keywords: Revenue, Marketing Strategy, SWOT Analysis and Grouper Fishing.