ANALISIS NILAI TAMBAH DAN STRATEGI PEMASARAN USAHA INDUSTRI TAHU DI KOTA MEDAN

Main Authors: GISKA, GISKA, Negara, Satia, Ginting, Rahmanta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS , 2013
Online Access: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/1737
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/1737/981
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana sistem pengolahan industri tahu untuk menghasilkan produk, nilai tambah yang diperoleh, dan strategi pemasaran usaha industri tahu yang ada di daerah penelitian. Sampel yang digunakan sebanyak 21 unit usaha dengan skala industri kecil. Metode analisis data menggunakan metode pengukuran nilai tambah Hayami dan metode analisis SWOT. Hasil penelitian diperoleh proses produksi pembuatan tahu di daerah peneletian berjalan dengan baik dengan menggunakan bahan baku kacang kedelai impor dan bahan penolong selalu tersedia di daerah penelitian. Nilai tambah yang dihasilkan usaha industri tahu di daerah penelitian bernilai positif, baik untuk tahu cina, tahu sumedang mentah, dan tahu sumedang goreng. Strategi pemasaran yang dilakukan usaha industri di daerah penelitian adalah Strategi agresif dengan lebih fokus kepada strategi SO (Strength-Opportunities), yaitu dengan menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada. Strategi SO (Strength-Opportunities). Kata kunci: tahu, proses pengolahan, nilai tambah, strategi pemasaran. ABSTRACT The research is aimed to determine how the processing system to produce the industry of tofu, the added value, and marketing strategies out of existing industrial businesses in the study area. The samples used were 21 units with a small industrial scale. The method of data analysis using methods of measuring value added Hayami and SWOT analysis method. The results obtained by the production process the industry of tofu in the study area goes well with raw materials imported soybeans and auxiliary materials are always available in the study area. The added value generated out industrial enterprises in the study area is positive, good to China’s tofu, sumedang raw tofu, and sumedang fried tofu. The marketing strategy that do business industry in the area of industrial research is an aggressive strategy to focus more on strategy SO (Strength-Opportunities), using force to take advantage of existing opportunities. Strategies SO (Strength-Opportunities). Keywords: tofu, processing, value-added marketing strategies.