ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BUNGA POTONG (Studi Kasus Desa Raya Kecamatan Berastagi Kabupaten Karo Provinsi Sumatera Utara)

Main Authors: Sinaga, Sri Sepriani, Chalil, Emalisa, Diana
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS , 2016
Online Access: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/14399
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/14399/6321
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Permintaan bunga potong cenderung bersifat musiman. Pada hari-hari besar permintaan cenderung tinggi dan pada tahun ajaran baru permintaan sedang. Akibatnya pada saat tertentu dapat terjadi over produksi dan kelangkaan. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi pemasaran bunga potong dan menganalisis strategi pemasaran yang dapat dilaksanakan oleh Dinas Pertanian. Data diperoleh dari sampel petani dan pedagang yang ditentukan dengan teknik Snowball Sampling serta staf Dinas Pertanian Karo dan penyuluh yang ditentukan dengan teknik purpossive sampling. Data dianalisis menggunakan metode analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Faktor Internal yang mempengaruhi pemasaran bunga potong yaitu; penetapan GAP dan SOP, adanya pembinaan tenaga penyuluh, kurangnya pengawasan pelaksanaan GAP dan SOP, kurangnya dukungan pemerintah, kurang efektifnya leaflet (selebaran), jaringan pemasaran masih regional, dan kurangnya pameran. Untuk faktor eksternal yaitu; lokasi pasar strategis, harga yang diterima pedagang dan reseller tinggi, jumlah permintaan pasar tinggi, permodalan pribadi, jadwal tanam sudah melihat pangsa pasar, keahlian pascapanen baik, harga jual yang diterima petani rendah, variasi permintaan pasar yang tidak berubah, dan tidak dilaksanakannya GAP dan SOP. Strategi Pemasaran yang dapat dilakukan dengan: memanfaatkan pembinaan penyuluh dalam penentuan jadwal hingga peningkatan keahlian pascapanen dan peningkatan harga petani, meningkatkan pengawasan pelaksanaan GAP dan SOP dalam jadwal tanam hingga perlakuan dalam pascapanen, penyediaan sarana prasarana, serta meningkatkan pengguanaan leaflet dan pameran. Kata Kunci : bunga potong, faktor internal, faktor eksternal, dan strategi pemasaran