STRATEGI PEMASARAN ROTI KACANG DI KOTA TEBING TINGGI

Main Authors: Medwina, Futri, Lubis, Satia Negara, Ginting, Rahmanta
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS , 2016
Online Access: https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/14395
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/14395/6317
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal pada pemasaran roti kacang di Kota Tebing Tinggi serta untuk menentukan strategi pemasaran roti kacang di Kota Tebing Tinggi. Penentuan daerah penelitian secara purposive. Metode pengambilan sampel dengan metode sensus dengan sampel sebanyak 3 perusahaan roti kacang di Kota Tebing Tinggi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif yaitu matriks SWOT.Hasil penelitian menunjukkan bahwa:Faktor internal yang menjadi kekuatan dalam pemasaran roti kacang di Kota Tebing Tinggi adalah produk, modal, harga jual dan jumlah produksi. Sedangkan yang menjadi kelemahan adalah promosi dan tenaga kerja. Faktor eksternal yang menjadi peluang dalam pemasaran roti kacang di Kota Tebing Tinggi adalah permintaan pasar, teknologi dan bantuan pemerintah. Sedangkan yang menjadi ancaman adalah produk pesaing dan bahan baku. Strategi yang diperoleh untuk meningkatkan pemasaran roti kacang di Kota Tebing Tinggi adalah strategi agresif atau strategi SO (Strengths – Opportunities) yaitu ada kekuatan yang dimanfaatkan untuk meraih peluang yang menguntungkan. Kata Kunci:roti kacang, faktor internal dan eksternal, strategi pemasaran ABSTRACT