ANALISIS PEMASARAN PANCAKE DURIAN DI KOTA MEDAN
Main Authors: | Ulya, Afthri Sutrati, Chalil, Diana, Darus, Mozart B |
---|---|
Format: | Article info application/zip eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
, 2015
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/10666 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/10666/4633 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis saluran pemasaran, fungsi pemasaran, price spread dan share margin, serta efisiensi setiap saluran pemasaran pancake durian di Kota Medan. Penentuan daerah penelitian secara purposive. Metode pengambilan sampel dengan metode snowball sampling dengan sampel produsen sebanyak 8 sampel, pedagang besar 3 sampel, dan pedagang pengecer 14 sampel. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Shepherd, Metode Acharya dan Aggarwal, Composite Index Method, Marketing Efficiency Index Method, dan Metode Soekartawi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat 4 saluran pemasaran pancake durian di Kota Medan yaitu I) produsen – pedagang besar – pedagang pengecer – konsumen, II) produsen – pedagang besar – konsumen, III) produsen – pedagang pengecer – konsumen, dan IV) produsen – konsumen. (2) Lembaga pemasaran melakukan fungsi pemasaran yang berbeda-beda. (3) Marjin pemasaran terendah terdapat pada saluran IV yaitu Rp0/pcs. (4) Saluran IV merupakan saluran pemasaran yang paling efisien. Kata kunci :pancake durian, pemasaran, efisiensi