STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI BIKA UBI DI KOTA MEDAN ( Studi kasus Kecamatan Medan Baru, Medan Petisah dan Medan Petisah )
Main Authors: | Partogi, Edberg, Iskandarini, Lily Fauzia |
---|---|
Format: | Article info application/zip eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
JOURNAL ON SOCIAL ECONOMIC OF AGRICULTURE AND AGRIBUSINESS
, 2015
|
Online Access: |
https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/10653 https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/view/10653/4621 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK EDBERG PARTOGI (100304083/AGRIBISNIS) dengan judul skripsi STRATEGI PEMASARAN AGROINDUSTRI BIKA UBI DI KOTA MEDAN.Penelitian ini dilakukan pada bulan oktober tahun 2014 dengan bimbingan oleh Ir. Iskandarini, MM, Ph.D dan Ir.Lily Fauzia, M.Si. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman agroindustri Bika Ubi di Kota Medan, serta untuk mengetahui strategi pemasaran agroindustri Bika Ubi di Kota Medan. Penentuan daerah dilakukan secara purposive yaitu berdasarkan kriteria atau tujuan tertentu dengan mempertimbangkan bahwa agroindustri Bika Ubi di daerah tersebut dapat memberikan informasi yang dibutuhkan dalam penelitian.Metode pengambilan sampel adalah metode snowball sampling. Metode analisis yang digunakan adalah metode deskriptif dan metode Analisis SWOT. Strategi yang diperoleh untuk meningkatkan pemasaran agroindustri Bika Ubi di daerah penelitian adalah strategi agresif atau strategi SO (Strengths – Oppurtunities) yaitu menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang. Sehingga strategi-strategi yang tepat digunakan perusahaan agroindustri dalam pemasaran Bika Ubi yaitu memaksimalkan modal usaha untuk meningkatan produksi Bika Ubi dengan menggunakan teknologi tepat guna dalam pengolahan bahan baku; Memanfaatkan peluang pasar dengan menggunakan sistem penjualan melalui media sosial, cetak dan massa. seperti internet dan tabloid serta memanfaatkan sarana yang diberikan pemerintah berupa bantuan alat-alat maupun kegiatan UKM dalam mengembangkan agroindustri Bika Ubi. Kata Kunci : Bika Ubi, Agroindustri, Strategi Pemasaran.