APPLYING KWL STRATEGY IN TEACHING READING COMPREHENSION AT JUNIOR HIGH SCHOOL
Main Authors: | Handayani, Rela, Jufri, Jufri |
---|---|
Format: | Article info Document eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Padang
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/7964 http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/7964/6079 |
Daftar Isi:
- Penulis membahas bagaimana pengajaran pemahaman membaca untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui Know Want Learn (KWL) strategi, yang pertama kali dikembangkan oleh Ogle pada tahun 1986. Know Want Learn (KWL) strategi adalah singkatan dari Know, Want to know and Learned.Pengajaran pemahaman membaca melalui Know Want Learn / KWL strategi terlebih dahulu dimulai dengan mereview kembali apa yang siswa ketahui tentang topik yang diberikan oleh gurunya. Kemudian dilanjutkan dengan mencatat apa yang mereka ketahui dari topik tersebut pada table KWL dan yang terakhir guru menyuruh siswa untuk menulis apa yang telah mereka pelajari dengan melengkapi tabel yang telah diberikan oleh guru.Ada beberapa tujuan dari KWL strategi yaitu; siswa mereview pengetahuan mereka sebelumnya tentang topik, membantu siswa untuk memonitor pemahaman mereka tentang teks, dan siswa bisa menilai pemahaman mereka tentang teks yang diberikan oleh guru. Dengan menggunakan strategi ini guru bisa menemukan apa yang mereka butuhkan untuk mengajar siswa. Dan dengan menggunakan strategi ini siswa dapat lebih tertarik dalam mempelajari reading karena mereka terlibat aktif dalam kegiatan tersebut.