TEACHING READING BY USING SUSTAINED SILENT READING (SSR) STRATEGY FOR SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS

Main Authors: Permatasari, Putriayu, Amir, Zainuddin
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2014
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/4382
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/4382/3440
Daftar Isi:
  • Abstrak Membaca adalah salah satu keterampilan yang paling mendasar bagi semua siswa di tingkat Sekolah Menengah Atas. Siswa diharapkan memiliki pemahaman yang baik terhadap teks yang mereka baca. Namun pada kenyataannya, siswa yang mempelajari bahasa Inggris tetap menghadapi kesulitan di dalam memahami teks. Hal ini bisa dilihat dari kurang tertariknya siswa dalam proses membaca, terbatasnya kemampuan mereka dalam mengetahui kosa kata bahasa Inggris, serta kurang menariknya strategi yang digunakan oleh guru di dalam proses pembelajaran. Untuk mencapai pemahaman yang baik dalam membaca dibutuhkan proses yang baik. Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bagaimana penerapan Sustained Silent Reading (SSR) Strategy dalam proses pembelajaran membaca. Dalam Sustained Silent Reading (SSR), ada proses preview, dimana siswa membaca setiap kalimat pertama dalam setiap paragraf, predict what comes next, read the whole text silently, dan discussion. Dengan penerapan strategi ini siswa diharapkan mampu memahami informasi di dalam teks yang telah dibacanya dengan lebih baik. Key Words: Reading, Sustained Silent Reading (SSR)