THE EFFECT OF USING THE THINK-TALK-WRITE STRATEGY IN TEACHING WRITING AN ANALYTICAL EXPOSITION TEXT TOWARD GRADE XI STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT AT SMA N 10 PADANG

Main Authors: Sari, Nofita, Saun, Saunir, Rosa, Rusdi Noor
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2014
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/3725
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/3725/2962
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan strategi Think-Talk-Write pada pengajaran menulis teks eksposisi analitikal terhadap pencapaian menulis siswa. Populasinya adalah siswa kelas XI SMA N 10 Padang tahun pelajaran 2013/2014 dengan sampel XI IPS 2 (kelas eksperimen) dan XI IPS 1 (kelas kontrol). Kelas eksperimen diajar menggunakan strategi Think-Talk-Write sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan strategi pengajaran yang biasa dilakukan oleh guru di sekolag tersebut. Setelah treatment, diberikan post-test. Berdasarkan analisis nilai dengan rumus t-test, nilai t-hitung (2,33) lebih besar dari t-tabel (1,690). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Think-Talk-Write pada pengajaran menulis teks eksposisi analitikal memberikan dampak yang lebih baik terhadap pencapaian menulis siswa. Kata kunci : Think-Talk-Write, strategi, pencapaian menulis, teks eksposisi analitikal