THE EFFECT OF USING THE THINK-TALK-WRITE STRATEGY IN TEACHING WRITING AN ANALYTICAL EXPOSITION TEXT TOWARD GRADE XI STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT AT SMA N 10 PADANG
Main Authors: | Sari, Nofita, Saun, Saunir, Rosa, Rusdi Noor |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Padang
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/3725 http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/3725/2962 |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan strategi Think-Talk-Write pada pengajaran menulis teks eksposisi analitikal terhadap pencapaian menulis siswa. Populasinya adalah siswa kelas XI SMA N 10 Padang tahun pelajaran 2013/2014 dengan sampel XI IPS 2 (kelas eksperimen) dan XI IPS 1 (kelas kontrol). Kelas eksperimen diajar menggunakan strategi Think-Talk-Write sedangkan kelas kontrol diajar menggunakan strategi pengajaran yang biasa dilakukan oleh guru di sekolag tersebut. Setelah treatment, diberikan post-test. Berdasarkan analisis nilai dengan rumus t-test, nilai t-hitung (2,33) lebih besar dari t-tabel (1,690). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Think-Talk-Write pada pengajaran menulis teks eksposisi analitikal memberikan dampak yang lebih baik terhadap pencapaian menulis siswa. Kata kunci : Think-Talk-Write, strategi, pencapaian menulis, teks eksposisi analitikal