The Effect of Using KWL Technique toward Students’ Reading Comprehension: An experimental research in teaching hortatory exposition text at SMAN 1 Batipuh
Main Authors: | Husna, Nurul, Syahrudin, Jufri, Fitrawati, Fitrawati |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Negeri Padang
, 2012
|
Online Access: |
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/356 http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/356/290 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian yaitu meninjau pengaruh penggunaan teknik KWL (Know Want Learned) dalam kegiatan sebelum dan sedang membaca terhadap pemahaman membaca siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasinya yaitu siswa kelas XI tahun pelajaran 2011/2012. Sampel penelitiannya yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah Reading Comprehension Test berbentuk pilihan ganda sebanyak 40 soal. Nilai tes di analisis dengan hasil t-hitung sebesar 4,42 dan t-tabel 2,00, yang berarti t-hitung > t-tabel. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan teknik KWL dapat memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pemahaman siswa dalam membaca. Keywords: KWL, reading comprehension