The Effect of Using KWL Technique toward Students’ Reading Comprehension: An experimental research in teaching hortatory exposition text at SMAN 1 Batipuh

Main Authors: Husna, Nurul, Syahrudin, Jufri, Fitrawati, Fitrawati
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2012
Online Access: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/356
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/356/290
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian yaitu meninjau pengaruh penggunaan teknik KWL (Know Want Learned) dalam kegiatan sebelum dan sedang membaca terhadap pemahaman membaca siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan populasinya yaitu siswa kelas XI tahun pelajaran 2011/2012. Sampel penelitiannya yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah Reading Comprehension Test berbentuk pilihan ganda sebanyak 40 soal. Nilai tes di analisis dengan hasil t-hitung sebesar 4,42 dan t-tabel 2,00, yang berarti t-hitung > t-tabel. Sehingga disimpulkan bahwa penggunaan teknik KWL dapat memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap pemahaman siswa dalam membaca. Keywords: KWL, reading comprehension