USING COLLABORATIVE WRITING TECHNIQUE THROUGH MIXEDINK AS MEDIA IN TEACHING WRITING A DISCUSSION TEXT AT SENIOR HIGH SCHOOL

Main Authors: Jannah, Khainur, Noor Rosa, Rusdi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Negeri Padang , 2013
Subjects:
Online Access: http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/2600
http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jelt/article/view/2600/2200
Daftar Isi:
  • AbstrakArtikel ini membahas bagaimana cara mengaplikasikan teknik menulis kolaborasi melalui media MixedInk dalam mengajar menulis di sekolah menegah atas. MixedInk adalah sebuah aplikasi berbasis web yang mempunyai fitur-fitur unik yang dapat membantu meningkatkan kemampuan menulis siswa. Dalam mengaplikasikan media ini, ada empat langkah kegiatan menulis yang harus diikuti. Pertama, siswa membuat rangka paragraf dari topik yang diberikan (Drafting). Selanjutnya siswa mulai menulis sebuah monolog teks. Kemudian mereka bersama-sama akan memberikan revisi dan suntingan terhadap hasil tulisan siswa lainnya (Revising and Editing). Kemudian siswa dapat menggabungkan hasil revisi siswa lainnya (Remixing). Tahap berikutnya adalah memberikan rangking terhadap tulisan semua siswa (Rating).Kata kunci: writing, discussion text, collaborative technique, MixedInk,